Jumat, 12 Maret 2010

PERGUNAKAN KESEMPATAN SEBELUM DATANG KESEMPITA

Oleh : Wulan Khairunissa

Waktu merupakan sesuatu yang sangat berharga. Waktu tidak bisa dilihat, tidak dapat diraba tapi dapat dirasakan keberadaanya. Orang yang mengisi waktunya dengan melakukan hal-hal positif dengan perencanaan yang seksama untuk kemajuan hidupnya akan banyak menikmati keberhasilan serta kegembiraan, sedangkan yang mengisi waktunya dengan bermalas-malasan dan tidak pernah merencanakan pekerjaan yang bermanfaat pasti akan mendapatkan kerugian dan penyesalan.
Waktu yang telah berlalu tidak bisa kita ambil kembali, dan dengan berjalannya waktu maka kesempatan kita semakin berkurang, umur kita berkurang, oleh karena itu selagi sekarang kita masih diberikan kesempatan marilah kita gunakan waktu yang ada untuk mengerjakan hal-hal yang positif yang bermanfaat untuk kehidupan kita, untuk keluarga dan untuk orang-orang di sekitar kita dan untuk agama. Kapan lagi kalau tidak sekarang untuk berbuat yang lebih baik, lebih bermanfaat, kita tidak tahu apakah hari esok masih ada kesempatan, karena tidak ada yang tahu kapan seseorang akan kehabisan waktu, dipanggil oleh Allah swt.

Rasulullah saw. bersabda :
• Pergunakanlah masa hidupmu sebelum datang saat kematianmu
• Pergunakanlah kesempatan masa sehatmu sebelum datang sakitmu
• Pergunakanlah kesempatan lapangmu sebelum datang kesibukan dan kesempitanmu
• Pergunakanlah hari mudamu sebelum datang hari tuamu
• Pergunakanlah kesempatan pada masa kayamu sebelum datang kefakiranmu.
Dari H.R. Al-Hakim dan Al-Baihaki)

Dalam memanfaatkan kesempatan atau waktu, hendaknya kita seimbangkan antara kebutuhan kita di dunia dan kebutuhan kita di akhirat nanti. Janganlah hanya mengejar dunia saja dan melupakan akhirat tapi juga jangan mengejar akhirat saja dan melupakan dunia karena dua-duanya penting dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

“ Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi, carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung”. (Surat Al-Jumu’ah: 10)

“ Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah Allah anugerahkan kepadamu, tetapi jangan kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan” (Surat Al Qasas: 77)

Semoga kita tidak menjadi orang yang merugi karena tidak memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya. Dan marilah sebagai manusia kita saling mengingatkan, saling memberikan motivasi, saling memberikan semangat agar kehidupan kita menjadi lebih indah dan bermanfaat untuk mewujudkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar