Sabtu, 22 Mei 2010

Ayat Al Qur'an dan Hadist tentang pentingnya menyampaikan Ilmu

* "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya". (Surat Al-Alaq: 1-5)

" Barangsiapa yang menyembunyikan ilmunya maka Tuhan akan mengekangnya dengan kekangan dari api". (HR. Ibnu Majah)

"Sesunggunya Allah Yang Maha Suci, malaikat-Nya, penghuni-penghuni langit-Nya dan bumi-Nya termasuk semut dalam lubangnya dan termasuk ikan dalam laut akan mendoakan keselamatan bagi orang-orang yang mengajar manusia kepada kebaikan." (H.R. Tirmizi)

"Kewajiban orang tua kepada anaknya adalah memberi nama yang baik, mendidik sopan santun dan mengajari tulis menulis, renang, memanah, memberi makan dengan makanan yang baik serta mengawinkannya apabila ia telah mencapai dewasa" (H.R. Hakim)

" tiada pemberian seorang ayah terhadap anaknya yang lebih utama daripada (memberikan pendidikan) adap sopan santun yang baik ". (H.R. Tirmizi)

Dari Abi Hurairah, Rasulullah Saw. bersabda : "Perumpamaan orang yang menuntut ilmu, lalu tidak mengajarkan/menyebarkan/mengamalkan, seperti orang yang menyimpan (menimbun) perbendaharaan (harta), lalu ia tidak membelanjakannya." (H.R Thabrani)

" Segala sesuatu ada jalannya, dan jalan menuju ke surga adalah Ilmu ". (H.R. Dailami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar