Minggu, 10 Januari 2010

Menebar Kasih Sayang

Oleh : Wulandari.

Kasih sayang adalah perasaan yang bisa diwujudkan dengan melakukan perbuatan baik dilandasi hati yang tulus dan ikhlas tanpa mengharapkan balasan.
Kasih sayang merupakan sifat utama dan terpuji yang seharusnya dimiliki setiap manusia. Rasulullah saw. besabda, " Tidak akan masuk surga kecuali orang yang penyayang."
"Sayangilah orang-orang yang ada di bumi,supaya engkau disayangi oleh yang ada di langit/para malaikat"(HR. Thabrani).
Seorang guru pernah menyampaikan sebuah kisah kepada para muritnya : Suatu ketika pada zaman Rasulullah saw. ada seorang laki-laki sedang bepergian dengan berjalan kaki,di tengah perjalanan laki laki itu merasa haus,beruntung mereka menemukan sumber air,merekapun minum air dari sumber itu. Laki-laki itu kemudian bertemu seekor anjing yang kehausan, laki-laki itupun terketuk hatinya lalu memberi minum pada anjing itu. Kemudian laki-laki itu kepada Rasulullah saw. apakah dia akan mendapatkan pahala dengan menolong binatang,dan Rasul menjawab bahwa hal itu ada pahalanya.
Memberikan pertolongan adalah wujud kasih sayang, pertolongan hendaknya diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan.
Imam al Ghazali dalam bukunya menyampaikan suatu riwayat: Nabi Musa as. berkata,"Ya Tuhanku, dengan apakah Engkau jadikan aku sebagai orang pilihan?" Allah berfirman,"Dengan belas kasihmu terhadap makhluk-Ku."Dari Abud-Darda'ra.,sesungguhnya dia pernah mengikuti anak-anak lalu membeli dari mereka beberapa burung pipit dan melepaskannya. Dia berkata ,"Pergilah dan hiduplah." Bersabda Rasulullah Saw.,"Perumpamaan orang-orang mukmin dalam sayang menyayangi, kasih mengasihi dan saling menghubungi mereka adalah seperti sebuah badan. Apabila ada sebagian anggota merasa sakit,maka semua anggota badan saling memanggil untuk ikut merasa panas dan berjaga".
Mari kita menebar lebih banyak kasih sayang agar kitapun mendapatkan kasih sayang dan rahmat dari Allah swt. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar